Kamis, 16 Desember 2010

Beberapa Tempat Kotor yang Ada di Sekitar Kita

Kesehatan erat kaitannya dengan kebersihan. Banyak penyakit yang disebabkan karena pola hidup yang tidak bersih. Diare, infeksi saluran kemih, merupakan penyakit yang sering terjadi dan ini berkaitan dengan tingkat kebersihan lingkungan. Berikut beberapa tempat kotor yang ada di sekitar kita:
  1. Toilet.
Tentu saja tempat ini merupakan tempat yang kotor. Dalam hal ini, toilet bisa dikelompokkan menjadi dua, toilet jongkok dan duduk. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Berkaitan dengan kebersihan dan kemungkinan untuk penyebaran penyakit, toilet duduk yang tidak higienis terbukti menjadi penyebab terjadinya infeksi saluran kemih. Wanita lebih sering terinfeksi dibanding pria, ya, penyebabnya karena secara anatomis saluran kemih wanita lebih dekat dengan toilet yang kita duduki. 
  1. Tombol pada keyboard komputer.
Pada tempat ini, ternyata mengandung kuman dan bakteri empat kali lebih banyak dari biakan toilet. Kenapa demikina? Simpelnya, keyboard jarang atau bahkan tidak pernah kita cuci (bisa rusak), sehingga kuman akan berada disana bahkan cenderung meningkat. 
  1. Tombol lift.
Bagi mereka yang terbiasa menggunakan lift, perlulah untuk lebih waspada. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hasil biakan bakteri menghasilkan 313 koloni bakteri dari satu sentimeter tombol lift. Untuk biakan dari toilet, hanya 8 koloni bakteri yang tumbuh. Ternyata tombol lift lebih kotor 40 kali lipat dari toilet umum. 
  1. Sarana umum lainnya yang digunakan oleh banyak orang.

Setelah mengetahui hal tersebut, maka selalu cuci tangan sebelum makan dan mengolah makanan. Hindari menyentuh bagian mata atau bagian dalam mulut dengan tangan yang kotor agar terhindar dari penyakit infeksi.

Related Posts by Categories



Get This Widget Here

1 komentar: